Mencari Kontrakan Yang Tepat Bagi Pasangan Baru Menikah

Memiliki rumah tentu  bagi sebagian orang adalah hal yang sulit, apalagi jika  menjadi pasangan yang baru menikah. Untuk itu salah satu solusinya adalah dengan memilih kontrakan dan tinggal di sana. Ada banyak hal yang wajib dipertimbangkan saat cari kontrakan agar bisa menemukan yang tepat dan nyaman untuk ditempati sebelum akhirnya bisa membeli rumah.

Namun pada sebagian orang ada yang mengalami masalah ketika akan mengontrak rumah. Kesalahan tersebut akibat Anda lalai dan sepele dalam mencari rumah kontrakan. Apa saja kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para penyewa?

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Sewa Rumah

Berikut ini beberapa kesalahan yang umumnya sering dilakukan oleh orang-orang ketika akan menyewa rumah.

1. Tidak Paham Perjanjian Saat Sewa

Ketika menyewa rumah, tentu saja ada yang namanya persyaratan dan juga ketentuan yang berlaku selama anda menyewa. Ini tertuang dalam perjanjian sewa yang tertulis di dokumen. Cakupannya biasanya adalah tanggung jawab pemilik dan penyewa.

Menyusun perjanjian sewa maka harus berdasarkan klausul yang tepat sebagai referensi jika muncul perselisihan antara penyewa dan pemilik rumah di kemudian hari. Dokumen perjanjian ini juga sangat penting untuk melindungi kepentingan kedua pihak.

Anda tidak boleh menyepelekan dokumen perjanjian dan langsung menandatangani begitu saja dokumen tersebut. Baca dengan baik dokumen dan pahami klausul yang ada di dalamnya. Contoh kecilnya adalah klausul perbaikan dan jumlah maksimal yang harus dibayarkan para penyewa untuk barang yang rusak dan aus.

Biasanya jumlah yang dibayar mulai dari 1 sampai 3 juta, di luar biaya itu maka menjadi tanggung jawab para pemilik rumah.

2. Komunikasi Yang Tidak Baik Dengan Agen

Jika memilih menyewa rumah dengan agen, maka sebaiknya pilih agen properti yang punya komunikasi baik. Seorang agen tidak hanya punya tugas untuk melayani atau menjadi perantara selama sewa tapi juga dapat membantu meminimalisir perselisihan di masa depan.

Atau lebih baik jika Anda memilih untuk menyewa rumah dengan berkomunikasi langsung tanpa perantara agen. Karena bisa saja ketika sudah memilih agen tapi ketika ada masalah di depan agen tersebut tidak bertanggung jawab. Konflik akan semakin buruk jika hal ini dibiarkan terus-menerus.

Misalnya ketika sewa rumah dan terdapat barang yang rusak maka pemilik rumah akan menolak untuk membayar sedangkan penyewa akan memotong biaya sewa. Hal ini jika terus-menerus terjadi maka anda pasti tidak akan lama tinggal di situ.

3. Tidak Ada Asuransi Sewa

Meski hanya sedang menyewa rumah penting untuk mendapatkan asuransi bagi penyewa. Asuransi rumah sewa, biasanya sudah banyak diberikan terutama untuk perumahan di daerah perkotaan.

Asuransi rumah sewa mencakup kerusakan struktural, bencana dan potensi kecelakaan. Dan kewajiban pribadi para penyewa terhadap kerusakan adalah tanggung jawab pemilik rumah sewa.

Jadi pemilik rumah sewa tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan barang pribadi anda atau kerusakan yang tidak disengaja. Juga tidak memiliki asuransi maka anda harus bertanggung jawab padahal kerugian yang dihasilkan merupakan ketidaksengajaan.

Apalagi kecelakaan juga bisa terjadi kapan saja dan jika pemilik rumah sewa hanya melindungi kepentingannya sendiri tentu saja Anda akan tidak tenang tinggal di tempat tersebut. Pikirkan ulang untuk memilih rumah sewa yang tidak memberikan asuransi yang melindungi hak-hak penyewa.

4. Tidak memahami Lingkungan Sekitar

Sangat penting bagi Anda, untuk memahami lingkungan sekitar rumah dengan cara survei langsung. Turun langsung untuk melihat rumah sewa adalah hal yang sangat bijak untuk mengetahui seperti apa lingkungan yang akan dihuni. Bahkan bila perlu Anda harus mengetahui gambaran rumah yang akan dihuni pada malam hari, jam sibuk atau di akhir pekan. Dengan begini Anda bisa memahami betul apakah lingkungan sekitar baik atau tidak.

Ketahui pula apakah rumah sewa benar-benar dekat dengan berbagai fasilitas publik atau hanya iklan saja. Atau apakah rumah sewa dekat dengan kebisingan atau tidak. Jika rumah sewa memiliki tingkat kebisingan yang tinggi, tentu saja sangat tidak nyaman jika Anda berada di tempat tersebut dalam waktu yang lama.

Untuk itu anda perlu mendapatkan referensi rumah sewa yang tepat salah satunya, jika anda berada di Bintaro sekitarnya bisa memilih kontrakan Bintaro. Anda bisa menemukan kontrakan di sekitar Bintaro sesuai kebutuhan mulai dari yang mewah sampai yang biasa-biasa saja, tergantung budget.

Soal lokasinya juga tidak perlu dikhawatirkan karena dekat dengan berbagai fasilitas publik. Dapatkan juga referensi kontrakan lainnya dengan mengunjungi situs properti terapan di Indonesia yaitu Rumah.com. Situs properti ini menghadirkan berbagai properti untuk disewa tidak hanya rumah tapi juga apartemen, ruko bahkan ruang kantor untuk berbagai kebutuhan.

Baik Anda yang ingin menyewa untuk tempat tinggal maupun kegiatan bisnis. Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi Rumah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *